Sempat Merangkak Naik, Kasus DBD di Bima Akhirnya Mengalami Penurunan

Uncategorized199 Dilihat

Bima,Jangkarntb.com-Setelah sebelumnya sempat mengalami peningkatan kasus positif, hingga Senin (30/1), jumlah warga yang terpapar penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bima mengalami penurunan.

Berdasarkan data yang dihimpun Tim Satgas Penanganan DBD kabupaten Bima, jumlah kasus positif, sempat mengalami peningkatan 11 kasus dari 132 orang menjadi 143 orang pada Minggu (29/1) dan kemudian hanya mengalami penambahan 4 kasus menjadi 147 kasus pada Senin (30/1).

Demikian halnya tingkat kesembuhan pasien yang sebanyak 83 orang pada Minggu (29/1) bertambah 9 menjadi 92 orang dinyatakan sembuh pada Senin 30 Januari 2023

Di samping itu jika pada Minggu (29/1) jumlah pasien yang masih dirawat sebanyak 51 orang, namun memasuki Senin (30/1) berkurang 4 dari 51 pasien menjadi 47 orang yang dirawat.

Dengan adanya penurunan kasus positif dan bertambahnya tingkat kesembuhan warga dengan sendirinya persentase jumlah orang yang meninggal/Case Fatality Rate (CFR) akibat DBD di kabupaten Bima turut mengalami penurunan dari angka 6,06 persen pada Minggu (29/1) menjadi 5,59 persen pada Senin (30/1).

Namun demikian, Bupati Bima tetap meminta kepada para Camat dan kepala Puskesmas untuk tetap mewaspadai dan tidak lengah terhadap kemungkinan peningkatan jumlah kasus DBD yang setiap saat bisa saja terjadi dengan meningkatkan langkah deteksi dini dan berkolaborasi dengan Muspika, jajaran pendidikan dan semua elemen di masing-masing kecamatan.

Bupati juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras jajaran Dinas Kesehatan, OPD terkait yang bersinergi dengan para camat, kepala Puskesmas dan kepala desa di masing-masing wilayah sehingga penanganan wabah DBD dapat dilaksanakan dengan baik.(Sadam-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *