Pimpin Upacara HUT Satpam Ke 42, Kapolres Dompu: Jumlah ‘Security Guards’ Saat ini Terus Meningkat

Uncategorized165 Dilihat

Polres Dompu, Jangkarntb.com – Pimpin Upacara Puncak peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) yang Ke-42, Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., mengajak rekan-rekan Satpam agar terus mendukung tugas pokok Polri, Senin (30/1/2023) sekira pukul 08.00 Wita.

Saat upacara yang berlangsung di Halaman Apel Mapolres Dompu ini, Kapolres mengungkap bahwa jumlah ‘Security Guards’ setiap tahunnya terus meningkat, tentunya sesuai dengan tuntutan situasi dan kondisi saat ini.

Turut hadir saat upacara bertema sinergitas Satpam dan polri peduli untuk semua ini, antara lain, PJU dan Perwira Polres Dompu, Kapolsek Jajaran Polres Dompu Anggota, Polres Dompu sebanyak 60 Orang, 1 Pleton Anggota Brimob Yon 2 Kompi C, 1 Pleton Sat Pol PP Kab. Dompu, 1 pleton Satpam.

Dalam amanatnya, Kapolres mengisahkan, sejarah Pembentukan Satpam dimulai tahun 1980, digagas oleh Jenderal Polisi (Purn) Prof. Awaloedin Djamin, M.P.A selaku pemilik ide dan gagasan untuk membentuk suatu pengamanan swakarsa berupa Satuan Pengamanan (Satpam).

Pembentukan Satpam juga didasari pada penelitian dan studi banding tentang “Security Guards“ di berbagai negara serta keberhasilan penjaga keamanan partikelir (swasta).

“seperti Centeng (penjaga rumah, pabrik, dan gudang), Opas(penjaga perkantoran), Terrain Bewakking (Penjaga Perusahaan), Waker (Pengawas), dan Ondernemingswatch (penjaga kebun) dalam menjaga keamanan setiap wilayahnya,” papar Kapolres.

Lanjutnya, kehadiran Satpam sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri.

“Pengemban fungsi kepolisian adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibantu oleh bentuk-bentuk pengamanan swakarsa Peningkatan peran aktif pam swakarsa dan seterusnya,” jelas Kapolres.

Dijelaskannya, saat ini Jumlah BUJP dan personel Satpam yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2022, jumlah BUJP sebanyak 5.670 atau meningkat 250% dari tahun 2021 sebanyak 1.622.

“Untuk jumlah personel Satpam pada tahun 2022 sebanyak 856.002 orang atau meningkat 5% dari tahun 2021 sebanyak 815.129 orang,” urainya.

Kapolres menambahkan, momen ini merupakan puncak peringatan HUT ke-42 Satpam dimana sebelumnya telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti tabur bunga, pemutaran film edukasi penyalahgunaan Narkoba di bioskop seluruh Indonesia, lomba gerak jalan, bhakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya.

“Saya berharap rekan-rekan Satpam agar terus mendukung tugas pokok Polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya sebagaimana makna perisai pada logo Satpam,” pungkas Kapolres.

Usai pelaksanaan Upacara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) SATPAM ke-42, kegiatan berakhir pada pukul 08.30 wita berjalan dengan aman dan kondusif.(Sadam-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *