Mahasiswa KKN Unram Gelar Kegiatan Mengajar di TK NW Tegar Kelana Desa Suranadi

Uncategorized167 Dilihat

Mataram,Jangkarntb.com – Mahasiswa Kulia Kerja nyata (KKN) Tematik Desa Suranadi (Desa Preneur) Universitas Mataram 2023 melakukan kegiatan mengajar di TK NW Tegar Kelana Desa Suranadi.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan yaitu mengkolase gambar sekolah menggunakan potongan daun manggis, potongan kardus, dan biji jagung pada hari Rabu, 18 Januari 2023, bermain permainan tradisional dan mengadakan cooking class membuat ᵏᵒˡᵃᵏ, pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Ketua kelompok KKN Dedek Abrian Sukmana ᵐᵉⁿʲᵉˡᵃˢᵏᵃⁿ, Tujuan dari kegiatan bermain permainan tradisional bagi anak PAUD yaitu melatih anak untuk bekerjasama dengan teman bermainnya karena, ketika mereka bermain akan menyeimbangkan gerakan kaki antar kelompok.

” ˢᵉˡᵃⁱⁿ ⁱᵗᵘ ʲᵘᵍᵃ ᵇᵉʳᵗujuan mengkolase bagi anak PAUD yaitu untuk meningkatkan atau menstimulasi motorik halus anak usia dini dan melatih ketekunan serta dapat meningkatkan kepercayaan diri anak karena anak bebas mengeksplor keterampilan yang dimilikinya kegiatan ini juga tidak monoton dalam pembelajaran. serta tujuan kegiatan cooking class membuat kolak bagi anak PAUD yaitu dapat meningkatkan pengalaman belajar anak secara langsung.” ᵘᶜᵃᵖⁿʸᵃ.

ᴸᵃⁿʲᵘᵗⁿʸᵃ, Melalui kegiatan ini dapat mengenalkan bahan makanan, cara mengolah makanan, perpaduan warna, juga dapat melatih keterampilan motorik halus anak, melalui gerakan memotong dan memasukkan bahan-bahan kedalam wadah. Kegiatan mengajar di TK NW Tegar Kelana dilaksanakan dalam 2 hari yakni pada hari Rabu, 18 Januari 2023 dan hari Sabtu, 21 Januari 2023. Dalam kesempatan ini kelompok kkn membantu anak-anak usia dini dalam menistimulasi motoric halus dan kasar dengan melakukan kegiatan kolase gambar sekolah menggunakan media potongan kardus, biji jagung, dan potongan daun manggis.

“Tidak hanya itu, kami juga mengadakan kegiatan cooking class dengan membuat makanan khas Indonesia yakni kolak. Anak-anak diarahkan berpartisipasi langsung dalam pembuatan kolak seperti memasukkan bahan, memotong bahan, hingga mengaduk agar anak-anak dapat mengembangkan motoric halusnya,” ᵘⁿᵍᵏᵖⁿʸᵃ.

Seiring berkembangnya zaman, metode bermain pada dunia anak-anak mengalami kemajuan yang sangat pesat, maka dari itu, kami kelompok kkn desa suranadi berinisiatif untuk mengenalkan permainan tradisional bakiak kepada anak-anak.”Perminan tradisional Bakiak kami hadirkan untuk menistimulasi kecerdasan kinestetik karena dalam permainan ini anak menggabungkan kemampuan antara fisik dan pikiran sehingga menghasilkan Gerakan yang sempurna.” tutupnya.(Sadam-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *