KKN Tematik Unram 2022-2023 Gelar Workshop Desa Suranadi

Uncategorized190 Dilihat

Mataram,Jangkarntb.com – Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Desa Suranadi melakukan workshop tentang “Teknologi inovasi Pengolahan Buah Nangka dan Pemasaran Produk” di Aula Kantor Desa Suranadi.

Kegiatan itu di lakukan. Selasa 24 Januari 2023 dan dihadiri oleh Kepala Dusun Suranadi Utara, UMKM, kader-kader, remaja dan masyarakat umum.

Ketua kelompok KKN : Dedek Abrian Sukmana Menyampaikan, Materi teknologi inovasi pengolahan buah nangka disampaikan oleh Bapak Ir. I Wayan Sweca Yasa, M.Si (Dosen Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri UNRAM) dan materi pemasaran produk disampaikan oleh Bapak Lalu Adi Permadi, S.E., MM. (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNRAM).

“Kegiatan workshop ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang inovasi pengolahan buah nangka dan pemasaran produk.” ungkapannya

Menurutnya, Salah satu potensi tanaman lokal pertanian dan perkebunan yang saat ini dikembangkan di Desa Suranadi ialah Nangka. Nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan salah satu buah-buahan yang banyak diminati oleh masyarakat. Salah satu produk olahan nangka yang telah berhasil dikembangkan oleh masyarakat Suranadi sebagai pendukung perekonomian Desa ialah Dodol Nangka.

Namun, keterbatasan pengetahuan masyarakat dalam pengolahan produk yang lebih beragam, pengemasan, dan pemasaran produk dodol nangka, dapat mempengaruhi mutu serta daya jual produk. Terlebih, masyarakat Desa Suranadi hanya terfokus dalam mengolah daging buah nangka menjadi olahan dodol saja, sehingga persaingan UMKM sangat tinggi dan belum memberikan inovasi baru dalam pengolahan buah nangka. Sedangkan, seluruh bagian nangka seperti biji dapat diolah menjadi produk pangan yang berdaya jual tinggi dan kulit nangka dapat menjadi bahan baku pembuatan pupuk.

“Oleh karena itu Mahasiswa KKN Tematik Desa Suranadi (Desa Preneur) Universitas Mataram mengadakan workshop tentang ” Teknologi inovasi Pengolahan Buah Nangka dan Pemasaran” jelasnya.

Dalam penyampaian materi, bapak Ir. Sweca Yasa, M.si menjelaskan bahwa dalam mengolah buah Nangka tidak hanya terfokus pada pemanfaatan dagingnya saja melaikan bagian Nangka lainnya seperti biji, kulit dan dami yang biasanya dibuang dapat diolah menjadi produk. Hal ini didukung oleh produk-produk yang berhasil dibuat oleh Mahasiswa KKN Desa Suranadi seperti daging buah nangka yang diolah menjadi wine dan selai. Biji nangka yang diolah menjadi tepung biji Nangka dan stick biji Nangka. Kulit biji nangka sebagai bahan pembuatan pupuk kompos. Dalam kesempatan Workshop ini, mahasiwa kkn juga melakukan demosntrasi terkait produk yang sudah dibuat.

Selain penyampaian materi terkait inovasi pengolahan buah nangka, dalam workshop ini juga disampaikan kiat-kiat dalam melakukan pemasaran produk yang sudah dihasilkan, sehingga masyarakat Desa Suranadi, terkhusus pelaku usaha mikro dapat membangun strategi atau membaca kebutuhan pasar.(Sadam-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *