Cangkang Sawit di PT CPI Monggo Warga Madapangga Klaim Bau Busuk

Peristiwa96 Dilihat

Bima, JangkarNTB-com – Cangkang sawit di PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI) Tbk Cabang Bima yang berlokasi di Desa Monggo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) semburkan bau busuk. Dampak buruk dari semburan bau busuk cangkang sawit di PT CPI tersebut dikuatirkan menimbulkan penyakit.

“Bau menyengat cangkang sawit di PT CPI kuatir menimbulkan penyakit. Segera dipindahkan atau dimasukkan ke gudang, jangan disimpan di luar karena berdampak buruk bagi masyarakat dan pengguna jalan lintas Bima – Dompu,” tegas warga Madapangga, Yadin.

Kata Yadin, sesuai mekanisme tidak boleh cangkang sawit disimpan di luar di gudang kalau sudah berbau busuk, karena berdampak buruk bagi lingkungan.
“Apa yang dilakukan oleh pihak PT CPI saat ini sama halnya membunuh warga. Masa cangkang sawit berbau busuk disimpan sembarangan,” tanyanya.

Jika dalam waktu dekat cangkang sawit tersebut tidak dimasukkan dalam gudang. Maka jangan heran akan ada aksi protes dari masyarakat, karena ini menyangkut masalah kesehatan.
“Kita tidak akan tinggal diam, aksi solidaritas pasti dilakukan demi menjaga kesehatan bersama,” tegasnya.

Warga Madapangga lainnya, Muhlis, menyatakan siap mendukung aksi unjuk rasa terkait keberadaan cangkang sawit busuk di PT CPI. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena menyangkut kesehatan dan jiwa manusia.
“Secepatnya pindahkan cangkang sawit busuk itu. Kalau tidak mau ada aksi dari masyarakat,” tandas Muhlis.

Begitu pun kata Muhtar, bau cangkang sawit busuk di PT CPI sangat meresahkan, terlebih dirasakan pengguna jalan lintas Bima – Dompu.
“Bagaimana kalau musim hujan, saat kemarau ini saja cangkang sawit di PT CPI sudah meresahkan,” ucapnya.

Kita sangat mengkuatirkan kondisi seperti ini, karena suatu waktu bisa saja menimbulkan penyakit bagi masyarakat umum.

“Kita harap PT CPI segera pindahkan cangkang sawit di gudang, supaya tidak menyemburkan bau busuk,” keluhnya.

Terkait masalah tersebut, PT CPI melalui HRD, Solihin, mengatakan, cangkang sawit tidak semburkan bau busuk. Sedangkan gunanya untuk bahan bakar.

“Tidak bau ko walaupun cangkang sawit kena air atau hujan,” singkatnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *