Mahasiswa Pertukaran Merdeka 3 IPB Kelompok 4 (Yukta Samarthana) Melakukan Kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah

Nasional653 Dilihat

JangkarNTB.com, Taman Mini Indonesia Indah, atau yang sering disebut TMII, adalah destinasi wisata budaya yang ikonik yang terletak di Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Taman ini merupakan miniatur Indonesia dalam skala yang menakjubkan, menampilkan 34 provinsi dengan replika bangunan, pakaian adat, serta keragaman budaya yang kaya. Pengunjung dapat menjelajahi berbagai paviliun, museum, dan taman yang memperkenalkan kekayaan sejarah, seni, dan tradisi Indonesia. Selain itu, TMII juga menawarkan beragam wahana rekreasi, museum, dan atraksi menarik lainnya, menjadikannya destinasi populer bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam kekayaan budaya Indonesia dalam satu tempat.

Sehingga untuk memperluas pengetahuan terkait budaya Indonesia dan mencintai kekayaan Nusantara, Mahasiswa Pertukaran Merdeka 3 IPB Kelompok 4 (Yukta Samarthana) mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah pada hari Minggu, 15 Oktober 2023. Selama kunjungan, para mahasiswa kelompok Yukta Samarthana merasakan pengalaman yang luar biasa. Selain berjalan-jalan di taman dan mengunjungi setiap paviliun yang mewakili provinsi-provinsi Indonesia, para mahasiswa juga dapat melihat seni tradisional, rumah serta busana adat setiap provinsi yang ada di Indonesia, dan berbagai aspek budaya yang membuat Indonesia begitu istimewa. Selain itu, para mahasiswa mengunjungi Museum Indonesia yang saat itu mengadakan pameran temporer berjudul “Cerita di Balik Topeng Nusantara.” Pameran tersebut adalah sebuah persembahan istimewa untuk memperingati Hari Museum Nasional. Pameran ini menampilkan berbagai topeng tradisional dari seluruh Indonesia, yang masing-masing memiliki cerita dan makna yang dalam.

Para mahasiswa/I kelompok Yukta Samarthana juga mendapatkan kehormatan untuk menyaksikan pertunjukan topeng Panji. Pertunjukan ini adalah salah satu bentuk seni tradisional Jawa yang sangat indah dan bermakna. Dalam pertunjukan ini, para penari mengenakan kostum tradisional dan topeng, menggambarkan cerita-cerita epik dari budaya Jawa. Tidak hanya dapat memahami kekayaan budaya Indonesia melalui pameran “Cerita di Balik Topeng Nusantara” dan pertunjukan topeng Panji, tetapi hal ini membuat lebih dekat dengan warisan budaya yang membangun identitas bangsa. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa pertukaran memiliki peran penting dalam mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Semangat belajar dan rasa ingin tahu dapat membantu menjaga warisan budaya Indonesia tetap hidup dan bermakna untuk generasi masa depan.


Dosen Modul Nusantara : Tursina Andita Putri, S.E,.M.SI.

LO : Ananda Putri
CO LO (wakil) : Audri Aulia Masita Dewi

Penulis :  Arini Sabilah Al Mustaqimah
NIM      :  X1004231031
Editor   : M. Fesal _ X1004231080

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *