Pemkot Bima Kembali Raih Penghargaan PPD Terbaik Pertama Tingkat Provinsi

Berita654 Dilihat

Kota Bima,JangkarNTB.com – Pemerintah Kota Bima kembali meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) terbaik pertama tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2023.

Penghargaan Pembangunan Daerah ini merupakan salah satu program Bappenas Republik Indonesia untuk mengukur dan menilai kualitas dokumen perencanaan yang telah disusun oleh masing-masing pemerintah kabupaten/kota dan provinsi.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan penghargaan keempat kali yang diraih Pemerintahan Kota (Pemkot) Bima secara berturut-turut sejak tahun 2020.

Plakat penghargaan diserahkan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah kepada Sekretaris Daerah Kota Bima Mukhtar pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2022, bulan Mei lalu di Mataram.

Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima, Mahfud mengatakan penghargaan pembangunan daerah yang diraih Kota Bima tahun 2023 ini merupakan kali keempat, dan pada tahun 2021 masuk nominasi nasional.

“Ini menjadi ajang kompetisi bagi Bappeda seluruh Indonesia untuk mengukur kualitas perencanaan yang disusun dan kinerja perencanaan pembangunan,” ujarnya.

Mahfud menjelaskan, ada sejumlah indikator pokok yang menjadi penilaian pemberian penghargaan, pertama indikator makro yang menyangkut tingkat kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, pengangguran, indeks pembangunan manusia, tingkat keterbukaan informasi publik daerah, dan tingkat pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah.

Selanjutnya indikator terkait kedalaman visi dokumen RKPD yang disusun setiap tahun, berkaitan dengan proses perencanaan serta keselarasan perencanaan pembangunan daerah dengan perencanaan pembangunan nasional dan provinsi. Selain itu inovasi daerah yang dihasilkan oleh pemerintah daerah juga menjadi penilaian penting.

“Dari beberapa aspek atau indikator inilah menjadi landasan kita untuk bersaing dengan kabupaten/kota di Provinsi NTB, dan alhamdulillah Kota Bima meraih peringkat pertama,”pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *