Pemkab Bima – Bulog Salurkan Bantuan Pangan Beras

Berita266 Dilihat

Bima,JangkarNTB.com – Sebanyak 1.722,6 ton Bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah tahun 2023 disalurkan secara resmi dalam launching yang bertempat di Pendopo Bupati Bima, Sabtu (15/4).

Bantuan pangan tersebut dialokasikan kepada 57.420 kk penerima manfaat dengan masing-masing 30 kg atau 574,2 ton per bulan dengan masing-masing 10 kg dalam kurun waktu tiga bulan ke depan mulai April, Mei hingga Juni.

Pada launching perdana tersebut, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Syaifudin, Kadis Ketahanan Pangan Ir. H. Muhammad Natsir, Plt. Kadis Sosial Tajudin, SH, M.Si, Pimpinan Cabang Bulog Bima Driyanti Andi Suryaningsih, Sekdis Pertanian dan Perkebunan Arief Rahman, S.Pt., MM.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden RI, Kepala Badan Pangan Nasional, dan Bulog mengingat bantuan tersebut merupakan wujud perhatian Pemerintah Pusat akan kondisi alam dan beberapa bencana yang terjadi di sejumlah Indonesia.

Semua pihak diharapkan dapat mengawal secara berjenjang penyaluran pangan tersebut, agar tepat sasaran dan betul-betul diperuntukkan kepada penerima manfaat sehingga dapat diterima tanpa kekurangan berat sesuai peruntukannya. Harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati juga menginstruksikan kepada Kepala OPD teknis bersama Bulog mengoptimalkan koordinasi sehingga bantuan yang disalurkan tepat waktu.
Juga diminta memastikan potensi kerawanan atas gagal panen di wilayah kita agar dapat diantisipasi dengan sejumlah cadangan pangan yang dimiliki.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima Ir. H. Muhammad Natsir dalam laporannyamenyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari kehadiran pemerintah pusat di Kabupaten Bima dalam menyelesaikan masa-masa sulit pangan.

Lebih lanjut H. M. Natsir menjelaskan bahwa total bantuan yang akan disalurkan di Kabupaten Bima sebanyak 1.700 ton beras untuk 57.420 keluarga penerima manfaat.
Masing-masing KK akan menerima 10Kg/bulan selama 3 bulan (April, Mei dan Juni). Hari ini akan disalurkan 200 ton untuk beberapa kecamatan meliputi Kecamatan Wera, Ambalawi, Wawo, Sape dan Lambu dari total 540 ton untuk bulan ini. Jelas Natsir.

Plt. Pimpinan Cabang Bulog Bima Driyanti Andi Suryaningsih dalam penyampaiannya mengatakan, untuk wilayah Bulog Bima, di alokasikan sebanyak 1. 722. 600 Kilogram pada 3 lokasi yaitu Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Dompu.

Kegiatan distribusi ini, menindaklanjuti hasil rapat internal bersama Presiden RI, mengenai kebijakan bantuan sosial berupa beras. Tandasnya.(Sadam-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *