Open Ceremony Festival Qasidah dan Bivo Tingkat Provinsi NTB Dimulai

Berita695 Dilihat

Kota Bima,JangkarNTB.com – Ketua Umum DPD LASQI Kota Bima Hj. Eliya H. Muhammad Lutfi menghadiri acara Open Ceremony Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Tingkat Provinsi NTB Tahun 2023, bertempat di tanah Intan Bulaeng Sabalong Samalewa, halaman Kantor Bupati Sumbawa, pada 2 Agustus 2023.

Pada Festival LASQI tingkat Provinsi NTB tahun 2023 dilaksanakan 2-4 Agustus 2023 yang dipusatkan di Kabupaten Sumbawa tersebut, DPD LASQI Kota Bima mengikutsertakan sebanyak 56 peserta untuk berkompetisi pada berbagai macam mata lomba.

Konsep yang diusung DPD LASQI Kota Bima pada defile festival LASQI tahun ini yakni Hadrah Rebana. Hadrah Rebana merupakan jenis atraksi yang telah mendapat pengaruh ajaran islam. Syair lagu yang dinyanyikan adalah lagu-lagu dalam bahasa Arab dan biasanya mengandung pesan-pesan rohani. Hadrah Rebana biasa digelar pada acara Wa’a Co’i (Antar Mahar), Sunatan maupun Khataman Alqur’an.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah LASQI Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE. M.Sc menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sumbawa dan jajaran yang telah menjadi tuan rumah tahun ini dengan sepenuh hati dan penuh semangat.

Hj. Niken menambahkan, terima kasih dan rasa sayang kami kepada seluruh Ketua DPD LASQI se Provinsi NTB, yang hari ini begitu lengkap hadir dalam rangka membina lembaga seni di daerah masing-masing, kami dari provinsi mengucapkan terima kasih.

“Festival atau ajang ini merupakan ajang ruang apresiasi untuk lebih memahami seni qasidah islam,” ucapnya.

Senada dengan itu, laporan Ketua Umum DPD Lasqi Kabupaten Sumbawa, yang juga selaku tuan rumah penyelenggara, Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah mengatakan, selamat datang kepada seluruh peserta, semoga kehadiran semua pihak menjadi berkah dan inspirasi bagi daerah, mari kita jalin silaturrahim dan bertukar pengalaman.

Kabupaten Sumbawa menerima amanah untuk menjadi tuan rumah penyelenggara festival lasqi, ini sebagai tonggak sejarah dan kami berkomitmen kuat mewujudkan visi NTB gemilang.

“Ini merupakan semangat dan kecintaan terhadap seni dan qasidah, disini 10 kabupaten/kota yang diikuti 1.991 orang peserta menyatukan serta menampilkan karya dan bakat terbaik menyampaikan pesan kebenaran melalui syair islami yang syarat akan makna, pesan kesalehan serta kebersamaan,” ujarnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Gubernur NTB, Ketua DPW dan DPD LASQI se Provinsi Nusa Tenggara Barat, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, FKPD lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se NTB.(Red-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *