Launching Lasita, Dinas Perpusnas Bangun Kerjasama Dengan 2 Dinas dan Kampus STKIP Tamsis Bima

Berita218 Dilihat

Bima,JangkarNTB.Com – Launching Literasi Sambil Wisata (Lasita). Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima Bangun Kerjasama dengan Dinas Dikbutpora,Dinas Pariwisata dan Kampus STKIP Taman Siswa Bima dan Melakukan Penandatanganan MOU.

Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 09:00 Wita di SMP 1 Bolo dengan di Hadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan,Kepala dinas Dikbutpora,Perwakilan Kampus STKIP Tamsis Bima, Dinas Pariwisata dan Jajaran SMP 1 Bolo,” Senin (13/02/2023).

Kepala Perpustaan Kabupaten Bima Aris Munandar, ST, MT menyampaikan menyadari bagaimana tata letak geografis dan keberadaan dari perpustakaan daerah kita yang konon ceritanya idealnya harus berada di tengah-tengah masyarakat.

Kita tidak bisa berdiam diri bagaimana upaya untuk bisa mendatangkan orang supaya bisa membaca di perpustakaan.

Saya tidak mau berbohong atau tidak mau mengatasnamakan karya orang lain tetapi saya rasa tidak salah,kalau memang kita melanjutkan itu karena biasanya, setiap pemimpin lanjutkan program yang terdahulu tapi alhamdulillah saya tidak seperti itu karena saya orang awam dalam kaitannya dengan bidang ini saya harus bertanya apa kira-kira kegiatan yang belum dilaksanakan oleh pimpinan yang terdahulu salah satu kegiatan yang disebutkan adalah Lasita.

Tahukan bagaimana pada saatnya nanti literasi kita ini tidak ada dalam indeks pembangunan yang merah lagi ini yang kita inginkan ke depannya Oleh karena itu pada kesempatan ini Bapak dan ibu yang kami hormati, kami menggugah siapapun yang hadir pada kesempatan ini mari kita peduli dengan keadaan yang seperti ini,

Sekali lagi saya bukan orang yang berlatar belakang pendidikan tetapi saya ingin bisa sejajar bila perlu berlebih bapak-bapak yang memang sudah ada lebih dulu di dunia pendidikan,” ini cita-cita saya. Ya Saya bukan orang pendidikan tetapi pengalaman pendidikan yang pernah saya lalui itu mungkin yang Saya akan bawa kuncinya seperti perpustakaan dan kearsipan daerah ini.

Teman-teman sekalian terkait dengan kegiatan ini bapak ibu hadirin yang kami hormati mungkin ada pertanyaan harus jelas sekali mungkin seperti itu perlu kami jelaskan pada kesempatan ini bagaimana halnya tadi literasi sambil wisata karena memang di dekat perpustakaan itu ada taman wisata, jadi kita menginginkan jemput bola sifatnya karena memang tidak ada orang yang ke sana, kita bisa membayangkan proaktif, mari kita kerjasama dengan sekolah-sekolah kita, kerja sama dengan perguruan tinggi kita, bekerja sama dengan sebuah lembaga-lembaga lain termasuk kami kemarin emoji dengan Surya mandiri, ya sudah kita laksanakan itu beberapa hari yang lalu, ini adalah bagian dari upaya kami.

Oleh karena itu pada saatnya nanti kami akan menjemput sekolah-sekolah, anak-anak sekolah atau murid-murid atau siswa-siswa karena memang kerjasama dengan menggunakan bus sekolah yang disediakan oleh STKIP taman Siswa akan kami bawa murid-murid itu ke taman Sasak panda.Terus kemudian anak ini akan didampingi oleh guru-gurunya.

Pendamping nanti pada saatnya selain daripada mungkin membaca tapi mungkin informasi lain juga perlu kita berikan oleh para pendamping ini yang mungkin dari teman-teman pariwisata akan menjelaskan bagaimana taman wisata itu keberadaannya mungkin prospeknya ke depan dan lain sebagainya jadi pada prinsipnya walaupun literasi ini pengetahuan dasarnya adalah raja menulis dan begitu mungkin seperti itu tetapi kedepannya Saya menginginkan tidak terbatas hanya hal-hal seperti itu.

Lanjutnya, kita akan kembangkan lebih jauh maafkan perpustakaan, tidak hanya sebagai tempat kalian seperti itu tetapi bagaimana kita bisa berdiskusi bertukar pikiran di dalamnya bahkan membahas masalah aspek apa saja di dalamnya termasuk mungkin demo-demo masak ya UMK dan lain sebagainya.

Kita akan ada di dalam itu tetapi untuk melaksanakan alat seperti itu tentunya kita harus lebih dulu mendapatkan pengawasan, ini kita inginkan. Oleh karena itu ke depannya Insyaallah nanti Bupati beserta teman-teman oke jadi mitra maupun UPT yang hadir pada kesempatan ini lebih terus, lebih lebih lagi untuk keluarga besar kita, untuk di dunia pendidikan mari kita bekerja Sama.

kita berkonsentrasi untuk mencari intervensi intervensi itu melaksanakan apa kira-kira inovasi kita, untuk meningkatkan pembangunan literasi yang pada akhirnya kita ingin wujudkan bagaimana generasi kita menjadi generasi yang cerdas dan berprestasi. Saya yakin dan percaya kita semua yang hadir di sini selain dari murid-murid kita adalah orang tua.

Bapak dan ibu yang kami hormati mari kita bersama-sama pada saat nanti untuk melaksanakan ini untuk melanjutkan kegiatan,oleh karena itu pada saatnya nanti kami mohon kepada Bupati Bima dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Dikbutpora untuk menyampaikan pengarahan atau sambutan.

pada akhir sambutannya nanti mohon untuk bisa ini dengan resmi seperti tanda mulainya kita melaksanakan literasi sambil wisata ini Pak, kemudian selanjutnya nanti akan kita saksikan bersama juga penandatanganan kami dari dinas perpustakaan.

mari kita menandatangani membubuhi tanda tangan kita pada papan dukungan yang ada di sebelah sana nanti siapapun kita, mari kita hubungkan tanda tangan sebagai wujud kita mendukung program Lasita, itu harapan kami ke depan Oleh karena itu pada kesempatan ini sekali lagi bapak ibu hadirin yang kami hormati saya ajak kepada kita semua mari kita sukseskan program ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Drs. A. Asalam Gani menyampaikan bahwa Lasita ini kami sangat mendukung nantinya akan bergabung dengan kelas kita, ini kami juga terkait dengan untuk anak-anak SMP,SMA dan SMK nanti akan ada kegiatannya dan insya Allah. Kita akan koordinasi dengan garis impor.”terangnya

Mewakili Bupati Kepala Dinas Dikbutpora kabupaten Bima Zunaidin S.Sos, MM. menyampaikan bahwa Lasita akan kita lakukan di taman Panda, dan sambil belajar dan melihat taman,Kuda kemudian Saung di taman Panda inilah tugas kita sebagai guru agar siswa siswa disekolah kita tidak vakum dan jenuh.

Melalui Lasita ini anak sekolah bisa bermain dan bisa melihat hal baru sehingga para siswa dan siswi bisa berkreatif dan lebih rajin ke sekolah, anak itu butuh dunia main dan di ajak pada hal hal baru, sehingga mereka semua bisa rajin ke sekolah.

Ia berharap dengan kerjasama kita semua, melalui Lasita kita bisa mengantarkan anak anak kita menjadi cerdas dan lebih rajin ,” tutupnya(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *