Jadi Inspektur Upacara Pembukaan Pendidikan Polri di SPN Belanting, Waka Polda NTB : Jaga Fisik dan Mental

Berita221 Dilihat

Lombok Timur,Jangkarntb.com – Dalam rangka memulai Pendidikan dan latihan pembentukan untuk menjadi Anggota Polri pada gelombang I tahun anggaran 2023, SPN Polda NTB Melaksanakan Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2023 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda NTB di Belanting Lombok Timur, (07/02/2023).

Bertindak selaku inspektur Upacara WakaPolda NTB Brigjen Drs. Ruslan Aspan, yang dihadiri oleh Bupati Lombok Timur (diwakili), Danrem 162/WB (diwakili), Kepala Kejaksaan Tinggi (diwakili) Danlanal Mataram (diwakili), Danlanud ZAM (diwakili), Pengurus Bhayangkari Polda NTB, Para PJU Polda NTB, Wali Kota dan Bupati se Pulau Lombok (diwakili), Kapolres/ta se Pulau Lombok (diwakili), Tokoh Agama/masyarakat Belanting, serta Para siswa yang akan menempuh pendidikan dan pelatihan di SPN Polda NTB.

Upacara tersebut berlangsung serentak di seluruh Sekolah Polisi negara di Indonesia dan untuk pelaksanaan di SPN Polda NTB di Belanting Lombok Timur diselenggarakan di Lapangan Upacara Sekolah Polisi Negara Belanting, Polda NTB.

Upacara Diawali dengan pengucapan Tribrata Catur Prasetia yang dibacakan oleh perwakilan peserta pendidikan. Kemudian dilanjutkan dengan membaca pernyataan pembukaan pendidikan oleh Inspektur Upacara.

Sebelum membacakan Amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri, Inspektur Upacara menyampaikan atas nama Kapolda NTB mengucapkan selamat kepada para siswa yang telah berhasil dinyatakan lolos dalam mengikuti Pendidikan dan Latihan tahun anggaran 2023 di SPN Belanting Polda NTB.

“Pesan saya kepada peserta dalam mengikuti Pendidikan di SPN ini siapkan Fisik dan Mental,”harap Waka Polda NTB dalam sambutannya.

Selanjutnya dalam amanatnya, Kepala Lemdiklat Polri Komjen Pol. Drs.Rycko Amelza Dahniel yang dibacakan inspektur upacara menyampaikan selamat datang dan Selamat kepada peserta didik atas keberhasilannya sehingga dinyatakan lolos untuk mengikuti Pelatihan dan pendidikan Polri di masing-masing Lembaga dimana pendidikan ini di laksanakan.

Ka.Lemdiklat dalam amanat tersebut meyebutkan bahwa keberhasilan perserta saat ini merupakan berkah dari Allah SWT dan hasil dari perjalanan panjang serta buah hasil dari usaha peserta selama ini. Oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menjadi seorang polisi sejati.

“Tanamkan tekad di hati peserta untuk dapat menyelesaikan pendidikan ini dengan baik sehingga hasilnya sesuai harapan peserta, keluarga dan harapan kita semua,”ucap Kalemdiklat yang disampaikan inspektur upacara.

Jumlah keseluruhan yang mengikuti Pendidikan dan Latihan pembentukan Bintara dan tamtama Polri pada tahun anggaran 2023 yang diselenggarakan di masing-masing SPN adalah 9.112 peserta didik.

Pendidikan menjadi aspek yang sangat penting dalam era saat ini oleh karena ini Lemdiklat Polri telah merancang pendidikan untuk peserta didik agar melahirkan personel yang berkualitas.

Pada kesempatan itu Inspektur Upacara juga menyampaikan Pesan dari Kepala Lemdiklat Polri yaitu pertama, Tingkatkan terus Keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kedua, selalu disiplin dan patuh protokol kesehatan, ketiga, Ikuti seluruh proses pendidikan dan latihan dengan penuh semangat dan dengan riang gembira, Keempat, persiapkan fisik dan mental selama pendidikan serta hindari kesalahan sekecil apapun dan terakhir Bangun komunikasi baik antar peserta didik, pelatih, pengawas serta pengasuh dalam proses Pendidikan dan Latihan.

Dalam amanat terakhirnya Kepala Lemdiklat Polri menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Kapolda se Indonesia yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

Selanjutnya inspektur upacara melakukan Penyematan Pangkat Siswa kepada perwakilan siswa pendidikan pembentukan Bintara Polri Gelombang I Tahun Angkatan 2023 serta melakukan secara tradisi dengan menyiram air kembang kepada perwakilan siswa sebagai tanda dimulainya Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I Tahun Angkatan 2023 di SPN Belanting Polda NTB.

Sementara itu, dalam keterangan singkatnya Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Belanting Polda NTB Kombes Pol Windiyanto P mengatakan bahwa peserta gelombang I dalam pendidikan dan latihan Pembentukan Bintara Polri di SPN Belanting berjumlah 122.

Siswa tersebut berasal dari rekrutmen di seluruh Polres Jajaran Polda NTB yang telah dinyatakan lolos oleh panitia penerimaan.

“Sukses buat para peserta didik, semoga pendidikan dan latihan ini nantinya dapat membuat diri peserta menjadi Polisi Sejati,”tutupnya. (***)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *