Aksi Spontan Kapolsek Manggelewa Tenteng Cangkul Sikat Lumpur Longsor Tutupi Badan Jalan

Berita190 Dilihat

Dompu, JangkarNTB.com – Hujan deras mengguyur wilayah Dompu umumnya, Kecamatan Manggelewa pada khususnya mengakibatkan lumpur akibat longsor menutupi badan Jalan Lintas Sumbawa, tepatnya di Tanjakan Desa Nanga Tumpu.

Kondisi ini praktis mengakibatkan jalur di sepanjang tanjakan menjadi terganggu. Bahkan suatu waktu dapat berpotensi terjadinya kecelakaan berlalu lintas bagi pengguna jalan.

Tak ingin kondisi ini sedemikian berlarut, Personil Polsek Manggelewa dipimpin Kapolsek Iptu Ramli, SH., langsung ‘Gaspol’ menuju lokasi dengan membawa serta sekop hingga cangkul, Minggu (26/2/2023) sekira pukul 10.37 Wita.

“Kasihan para pengguna jalan jadi terhambat dikarenakan lumpur yang dibawa rembesan arus air dari atas tebing,” ungkap Kapolsek pasca mengeruk lumpur di lokasi.

Di saat yang sama, Kapolsek menghimbau para pengguna jalan agar meningkatkan kehati-hatian mengingat jalanan licin di musim hujan seperti sekarang ini.

“Rawan lakalantas jika musim hujan seperti sekarang ini, untuk itu perlu kehati-hatian yang tinggi,” ujar Kapolsek.

Ia juga meminta terutama pada pengendara roda dua, untuk tidak lupa mengenakan helm pengaman selama berkendara, apalagi melewati daerah tanjakan yang rentan akan terjadi tanah longsor.

Aksi spontan Kapolsek Manggelewa bersama para personil, tak lepas dari kepeduliannya yang tinggi, yang tak semata-mata menyangkut soal keamanan, melainkan sisi keselamatan dan kemanusiaan perlu diutamakan.

“Ini wujud kepedulian Polri terhadap kondisi sosial, bahkan kebencanaan tanpa harus menunggu komando jika memungkinkan, maka segera harus ditangani,” tandas Kapolsek terhadap bawahannya.

Sebagaimana diketahui, Hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Dompu, dalam sepekan ini, praktis menimbulkan kekhawatiran di mana-mana, terlebih akan potensi banjir hingga tanah longsor.

Maka untuk ke sekian kali, Kapolsek meminta agar warga masyarakat hindari bepergian jauh jika tak ada kepentingan atau kondisi tertentu yang bersifat darurat.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *